Doa Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW Beserta Keutamaan Tahajud !

Islam sangat mewajibkan pemeluknya melaksanakan sholat. Sholat adalah ibadah paling wajib yang dilakukan dalam  pelaksanaan agama Islam itu sendiri. Ibadah sholat sendiri merupakan juga salah satu dari rukun Islam yang dimana sebagai umat Islam harus dan wajib dilakukan oleh umat Islam diseluruh dunia. Ibadah sholat merupakan kewajiban dan keharusan yang dilakukan sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah SWT. Sholat yang dilakukan selama 5 waktu dalam sehari merupakan bentuk suatu kewajiban yang patut dilakukan dan berdosa jika ditinggalkan.

Ibadah sholat sendiri juga merupakan rasa bentuk hubungan antara manusia dan penciptanya, melalui sholat juga adalah sebagai bentuk rasa bersyukur atas segala nikmati serta ridho yang diberikan Allah SWT. Selain bentuk rasa kewajiban dalam beragama, sholat juga dilihat dari perspektif kesehatan memiliki banyak manfaat. Manfaat dalam gerakan sholat juga telah dibuktikan oleh penelitan sehingga tentu banyak sekali manfaat dari sisi sholat itu sendiri baik itu dilihat perspektif kesehatan rohani hingga jasmani.

Keutamaan Sholat Tahajud, Sholat Sunnah Dengan Ganjaran Pahala Tinggi

Dalam agama Islam, selain dari sholat fardhu yang wajib dilakukan setiap hari. Tetapi juga ada sholat sunnah yang dimana sholat ini jika dilakukan banyak sekali ganjaran pahalanya. Salah satu diantara banyaknya sholat sunnah yang miliki ganjaran pahala tinggi adalah sholat tahajud. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dimana banyak sekali dilakukan oleh umat Islam. Ibadah tahajud ini sendiri merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebanyak 2 hingga  4 rakaat sendirian. Ibadah tahajud ini dilakukan pada sepertiga malam hari, sendirian. Ada banyak sekali keutamaan yang dijanjikan bagi mereka apabila melaksanakan sholat sunnah tahajud. Tak hanya itu, sholat sunnah tahajud juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa, memohon terhadap suatu hajat atau permintaan sebab banyak sekali riwayat serta sumber menyebutkan bahwa sholat sunnah tahajud adalah salah satu waktu terbaik mustajab untuk berdoa.

Doa Sholat Tahajud Beserta Arti Sesuai Sunnah dan Riwayat Nabi Muhammad SAW

Sholat sunnah tahajud sendiri merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan serta juga seringkali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Pada beberapa riwayat bahkan Nabi Muhammad SAW tak pernah meninggalkan sholat malam atau sholat sunnah tahajud ini. Dalam beberapa sumber riwayat juga, Nabi Muhammad SAW melaksanakan sholat tahajud dengan 2 rakaat bahkan 11 rakaat. Tentu sholat sunnah tahajud ini sangat dahsyat pahalannya oleh sebab itu tahajud sangat dianjurkan bagi umat Islam. Dalam pelaksanaan sholat sunnah tahajud juga dianjurkan untuk berdoa, karena pada waktu ini merupakan salah satu waktu yang dianjurkan untuk berdoa. Dalam beberapa sumber, Nabi Muhammad SAW juga melakukan doa setelah melakukan sholat sunnah tahajud. Bagi para pembaca Unsura.ac.id yang hendak melakukan sholat sunnah tahajud, berikut inilah doa sholat tahajud beserta artinya sesuai sunnah serta riwayat Nabi Muhammad SAW.

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْححَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِييُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya : “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Mahaterdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Ada banyak keutamaan yang bisa kamu peroleh dalam melaksanakan sholat tahajud. Sholat sunnah tahajud ini juga merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu sebagai umat Islam yang baik, kita wajib mengusahakan untuk mengikut sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW, termasuk sunnah dalam melaksanakan sholat sunnah tahajud.

Leave a Comment